STOP NARKOBA


"Keluarga lingkungan terbaik dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba"

Upaya pemberantasan narkoba sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja dan dewasa, bahkan anak – anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak – anak adalah pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba.

Kehadiran korban narkoba dalam keluarga sering menjadi masalah dalam keluarga itu sendiri bahkan dapat menimbulkan penderitaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar penyalahgunaan narkoba dari keluarga yang tidak sehat dan tidak bahagia ( broken home ). Sebaliknya, suatu keluarga yang sejahtera yang diliputi suasana yang serasi, selaras dan seimbang, dimana anak – anak didik dapat tumbuh dan berkembang fisik, mental dan sosialnya secara optimal merupakan benteng yang kokoh untuk mengatasi dan menanggulangi ancaman dan gangguan, termasuk penanggulangan masalah narkoba.
Pengalaman membuktikan bahwa kelompok orang tua, apabila digerakan dan diberikan pengetahuan, keterampilan, dukungan dan bantuan, bisa menjadi mitra masyarakat yang paling aktif dalam pencegahan bahaya narkoba.

Keluarga sebagai unit kecil dalam masyarakat merupakan wadah utama dalam proses sosialisasi anak menuju kepribadian yang dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak – anak dari masalah narkoba. Pencegahan penyelahgunaan narkoba seharusnya dimulai dalam keluarga. Keluarga yang sejahtera dengan penuh kasih sayang sebetulnya sudah melaksanakan pencegahan. Anak – anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan rasa aman dengan adanya kesempatan untuk menyatakan perasaan dan mengeluarkan pendapat serta di didik untuk mengambil keputusan yang bijaksana, kemungkinan besar tidak akan menyalahgunakan narkoba.

Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dalam keluarga dilakukan dengan :
1. Pendidikan Agama dan Akhlak
2. Kasih sayang, rasa aman, bimbingan dan perhatian
3. Selalu ada ketika dibutuhkan
4. Mengetahui segala kebutuhan anak – anak
5. Memberikan kebebasan dalam batas kemampuan anaknya denga pengawasan secara bijaksana
6. Dorongan semangat untuk mencapai prestasi
7. Pengawasan secara aktif dan bijaksana

Peran Orang Tua dalam Pencegahan
1. Mengasuh anak dengan baik
2. Luangkanlah waktu untuk berkomunikasi dengan anak – anak
3. Jadikanlah contoh teladan ( role model ) yang baik jadilah pendidik pencegahan penyalahgunaan narkoba
4. Jadilah pengawas untuk mengindarkan anak dari bahaya narkoba
5. Mengajarkan bagaimana cara anak menolak narkoba
6. Orang tua sebagai mitra  masyarakat dan pemerintah dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba


Media massa dapat menjadi wadah untuk menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran terhadap masalah narkoba. Hasil penelitian menunjukan kampanye media massa nasional di Amerika Serikat dari berbagai iklan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan keuntungan hidup sehat tanpa narkoba yang berfokus pada anak-anak berusia 9-18 tahun serta para orang tua, berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran sasaran kelompok tersebut tentang bahaya berbagai jenis narkoba. Peran serta media massa dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah sebagai berikut :

1. Memberi Informasi Kepada Masyarakat secara benar dan akurat
Informasi yang disampaikan mengenai situasi permasalahan narkoba, antara lain meliputi jenis-jenis narkoba apa yang banyak disalahgunakan, Siapa yang menggunakannya, mengapa mereka menyalahgunakannya, Apa pengaruh buruk dan bahaya narkoba?

2. Memberi keterangan mengeani isu-isu
Media massa dapat membantu memberi keterangan tentang isu-isu yang berkaitan dengan masalah narkoba. Laporan khusus di surat kabat, radio dan televisi dapat memberi keterangan pada masyarakat mengenai kaitan antara narkoba dan kemiskinan, narkoba dengan kekerasan dan masalah kriminalitas.

3. Berperan aktif dalam kampanye advokasi gaya hidup sehat tanpa narkoba
Media massa membantu masyarakat tentang informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba, misalnya penggunaan obat-obatan yang tidak tepat sehingga bisa menyebabkan penyakit bahkan kematian dan juga pengaruh buruk dan akibatnya bagi keluarga, tempat kerja dan masyarakat.

4. Mempromosikan sikap menolak terhadap penyalahgunaan narkoba
Media massa melalui pengiriman tanda-tanda dan pesan-pesan para penonton , pembaca maupun pendengar bahwa penyalahgunaan narkoba sangat membahayakan bagi kehidupan individu dan masyarakat sehingga tidak akan dibiarkan dimasyarakat yang mengutamakan kesehatan, kehidupan, kedamaian dan ketentraman.

5. Menciptakan rasa marah terhadap kriminalitas dan kekerasan yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba
Melalui penulisan tentang kebenaran dan kenyataan tenang situasi kriminalitas yang mengerikan berkaitan dengan masalah narkoba, media massa dapat menimbulkan rasa marah (outrage) melawan kriminalitas yang dibuat oleh orang-orang yang terpengaruh narkoba.

6. Menulis tentang contoh orang yang sukses tetapi bebas narkoba
Orang-orang yang berhasil tanpa narkoba perlu di played up. Media massa juga dapat memberi perhatian pada tokoh-tokoh masyarakat, para kepala sekolah dan guru yang peduli berdedikasi tinggi dan bekerja keras untuk menjaga masyarakat dari masalah penyalahgunaan narkoba.


Jika ada teman kita yang menyalahgunakan narkoba, apa yang harus dilakukan? Sedih juga kan kalau orang – orang yang kita sayangi, atau mungkin kita sendiri terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Kita harus berupaya untuk mencegahnya dengan segala upaya diantaranya:

1. Pererat Jalinan Keluarga
Kita pasti setuju, kalau keluarga adalah tumpuan hidup kita. Mulai dari kecil sampai tua nanti hubungan kita dengan anggota keluarga tidak akan pernah terputus. Tahu kenapa? karena selama kita hidup, aliran darah dalam tubuh kita sangat erat kaitannya dengan darah seluruh anggota keluarga. makanya, sekalipun kita jauh dari orang tua, kita tetap akan merasa dekat dengan mereka. Perasaan dekat seperti itulah yang akan membuat kita semakin kokoh, soalnya akan selalu punya keinginan untuk mendekatkan diri dengan mereka. Hubungan keluarga yang terjalin dengan baik akan membentengi diri kita dari tindakan – tindakan nekat yang menjerumuskan.

2. Lingkungan Rumah Bebas Narkoba
Kalau dalam suatu keluarga ada salah satu yang menggunakan atau mengedarkan narkoba, anggota keluarga yang lainnya juga kena imbasnya. Maka keterbukaan sangat diperlukan dalam kehidupan keluarga.

3. Tebalkan Iman
Mempunyai masalah dan belum menemukan jalan keluarnya? Disaat seperti itulah kita perlu tempat untuk berbagi. Namun, disaat kita sedang mempunyai masalah, teman bisa saja meninggalkan kita, orang tua mungkin tidak mengerti apa yang kita keluhkan. Kalau kita merasa bingung bagaimana cara menolak ajakan-ajakan dan pengaruh untuk memakai narkoba, maka sebaiknya berdo’a dan pertebal iman!. Kekuatan do’a sangat ampuh untuk menangkis pengaruh-pengaruh jahat.

4. Membantu Teman yang Terjerat Narkoba
Kalau teman kita ada yang mengkonsumsi narkoba, sudah seharusnya kita memberitahunya. Cara memberitahunya bisa secara pelan-pelan supaya tidak menyinggung perasaan. Kita bisa melakukan pendekatan terlebih dahulu, kemudian mengingatkan tentang resiko yang akan ditanggungya jika dia terus-terusan mengkonsumsi narkoba. Selain itu, kita bisa mengajaknya untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya. Jangan sampai orang yang kita sayangi menjadi budak narkoba dan hidupnya hancur gara-gara narkoba.

5. Gerakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
Selain memberitahu teman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, kita juga bisa membantu aparat dalam memerangi narkoba. Caranya bisa dengan memberitahu mereka kalau di lingkungan kita ada penyalahguna narkoba. Selain itu kita juga bisa membuat usaha pencegahan narkoba dengan membuat aktivitas yang fun (kegiatan alternatif), misalnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan musik / band, olahraga atau pecinta alam/ Dengan tersalurnya hobi dalam kegiatan-kegiatan positif, pikiran kita juga akan terisi hal-hal yang postif sehingga kecenderungan untuk menyalahgunakan narkoba semakin bisa dihindari.

sumber:
Leaflet BNN ” Peran Pelajar Mencegah Penyalahagunaan Narkotika”
bnnkgarut.wordpress.com 

No comments:

Post a Comment

FOCUS GROUP DISCUSSION

Seperti terlihat dari namanya, Focus Group Discussion atau Diskusi Kelompok Terarah adalah media bagi  sekelompok orang untuk mendiskusi...